Minggu, 21 Agustus 2016

Update Anniversary Windows 10 Malah Bikin Masalah




Jakarta - Sebelumnya sejumlah pengguna Windows 10 melaporkan perangkatnya yang mengalami hang setelah melakukanupdate Anniversary. Ternyata bukan itu satu-satunya masalah yang dilaporkan.

Baru-baru ini ditemukan masalah lainnya. Meski kedengarannya sepele, tak sedikit pengguna Windows 10 yang melaporkan bahwa webcam miliknya tak lagi bisa digunakan sesaat setelah melakukan update anniversary.
Tapi lebih spesifiknya, webcam yang terpengaruh adalah yang masuk lewat jalur USB alias webcam eksternal. Bug ini disebut mengusik jutaan pengguna yang ternyata masih banyak yang menggunakan webcam eksternal.
"Kami memiliki produk yang bekerja dengan baik selama tahunan, dan tiba-tiba jutaan pengguna kami tidak senang karena tidak lagi bisa menggunakannya setelah update ini," kata salah satu pengguna Windows 10 yang melaporkan isu ini.
Setelah ditelusuri, masalah ini nyatanya bersumber dari Microsoft sendiri. Update Anniversary Windows 10 memang sengaja menghapus dukungan terhadap webcam eksternal yang kebanyakan mendukung format H.264 dan MJPEG.
Alasannya, Microsoft lebih mengutamakan webcam bawaan perangkat dengan tujuan agar fitur-fitur andalan Windows 10 bisa siap digunakan kapan saja. Fitur yang dimaksud antara lain adalah Windows Hello, Microsoft Hololens, dan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan webcam.
Meski begitu Microsoft mengatakan tengah mengerjakan masalah ini dan menempatkannya sebagai top priority. Tapi buat yang sudah tak sabar menunggu update perbaikannya, seorang pengembang bernama Rafael Rivera telah memberikan solusinya lewat registry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar