Senin, 01 Agustus 2016

Berita Update

Kenapa Game Bisa Bikin Kecanduan?
Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikinet
Kamis, 21/07/2016 10:12 WIB

Jakarta – Saat ini ada banyak sekali video game yag bisa dimainkan di komputer dan smartphone.
Yang ingin saya tanyakan, kenapa game bisa membuat kita kecanduan dan merasa ingin terus memainkannya?
Jawaban:
Bagi sebagian orang, bermain game awalna dianggap sebagai rekreasi untuk menghibur diri, tapi lama kelamaan bisa berubah menjadi kecanduan kalau tidak bisa mengontrol diri.
Ada beberapa daya tarik yang dimasukkan ke dalam game dengan tujuan agar pemainnya menjadi ‘kecanduan’ bermain, di antaranya:
Skor tinggi
Skor tinggi adalah salah satu trik yang digunakan untuk mengajak orang terus bermain.

Mengalahkan Game
Trik ini bisa ditemukan di setiap sistem game, tapi bukan di game online role-playing. Orang dibuat untuk terpacu mengalahkan game agar bisa menjadi pemain “tingkat atas” atau mencari petunjuk tersembunyi berikutnta.
Faktor lain yang menbuat seserang/anak menjadi kecanduan game adalah karena rasa bosan, hubungan dengan anggota keluarga tidak harmonis, merasa terbuang disekolah dan tidak diperhatikan dirumah. Faktor-faktor itu membuat seseorang lebih mudah kecanduan  game untuk mengisi kekosongan jiwa dan memenuhi kebutuhan yang tidak merasa dapat dari tempat lain.

Kecanduan game adalah masalah nyata yang dihadapi para orang tua, guru, dan mungkin pemainnya sendiri. Solusinya b ukan menjauhkan mereka dari komputer atau gadget. Orang tua sebaiknya mulai membangun komunikasi yang aktif dan dua arah dengan anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar