Senin, 26 September 2016

Dikritik Soal Keamanan, Google Allo Justru Bikin Penasaran

Rachmatunnisa - detikinet
Senin, 26/09/2016 15:56 WIB


Jakarta - Rasa penasaran tampaknya jauh lebih besar dan mengalahkan kekhawatiran soal keamanan. Setidaknya demikian yang terlihat pada Google Allo. 
Aplikasi chat terbaru dari Google ini tercatat sudah didownload 1 juta kali di Play Store, dalam kurun waktu kurang dari sepekan setelah dirilis. Allo juga merangkak naik ke posisi teratas dalam daftar aplikasi gratis. 
Pencapaian ini mungkin tidak seagresif yang ditampilkan Google Duo. Aplikasi pesan instant lainnya yang juga baru diluncurkan Google ini, tembus 5 juta download hanya dalam 10 hari setelah dirilis. 
Google Duo juga dengan cepat menyaingi Facebook Messenger dan Pokemon Go pada Agustus lalu sebagai aplikasi yang banyak didownload. Google Allo belum sampai sana. Meski demikian, angka 1 juta download yang didapatnya kurang dari seminggu tak bisa dianggap remeh. Terutama karena aplikasi ini sebenarnya menuai kontroversi. 
Whisteblower ternama Edward Snowden mewanti-wanti pengguna agar tak menggunakan Allo. Dia memperingatkan bahwa pesan yang dibuat dan dikirim di Allo akan terekam oleh Google.
"Apa itu #Allo? Sebuah aplikasi Google yang merekam semua pesan yang telah dibuat dan dikirimkan. Dan membuatnya tersedia bagi pihak kepolisian jika diminta," tulis mantan anggota CIA ini. 
Google sendiri telah menanggapi Snowden. Raksasa pencarian internet itu berkilah bahwa percakapan direkam untuk membuat aplikasi semakin cerdas dan relevan dalam memberikan jawaban. Dan Google mengklaim, pengguna memiliki kontrol terhadap data mereka di Allo.
"Pendekatankami sederhana. Riwayat obrolan disimpan sampai Anda menghapusnya. Pengguna dapat menghapus pesan tunggal atau keseluruhan percakapan di Allo," ujar juru bicara Google. 
Untuk menjaga privasi, Allo menawarkan mode Incognito dengan enkripsi end to end. Artinya, pesan tersebut diklaim tidak akan pernah 'hidup' di server Google.
Google memberikan catatan, jika pengguna memakai mode Incognito, mereka tidak dapat menggunakan Google Assistant yang memungkinan untuk menjawab pertanyaan dengan singkat.

sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar